Adalah
media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang
menampilkan gambar diam seperti film strip (film rangkaian), slides
(bingkai) foto, gambar, atau lukisan, cetakan. Ada pula media visual
yang menampilkan gambar atau symbol yang bergerak seperti film bisu,
film kartun.
Kelebihan media
visual yaitu dalam media ini siswa dapat melihat obyek yang
diperlihatkan guru dalam proses pembelajarannya sehingga siswa tahu
obyek apa yang sedang dijelaskan dan dipelajarinya.
Kelemahan
media visual yaitu dalam media ini hanya kemampuan indera penglihat
saja yang terasah kemampuannya, sehingga siswa hamya mampu melihat
gambar tersebut tanpa mengasah indera peraba dan indera pendengaran,
serta terbatas bagi yang mempunyai kelainan penglihatan atau buta.
Media Auditif
Adalah
media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio,
cassette recorder, piringan hitam. Media ini tidak cocok untuk orang
tuli atau mempunyai kelainan pendengaran.
Kelebihan media
auditif yaitu dalam media ini siswa dapat lebih fokus karena siswa
dituntut untuk lebih peka dalam pendengarannya. Jadi kemampuan siswa
dalam mendengarkan dapat terasah.
Kelemahan media
auditif yaitu dalam media ini hanya mengasah indera pendengar saja,
tanpa dapat mengasah indera lain seperti indera penglihat dan peraba.
Selain itu media ini sangat terbatas bagi yang mempunyai kelainan tuna
rungu.
Media Audio-visual
Adalah
media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini
mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media
yang pertama dan kedua.
Kelebihan
media audio-visual yaitu dalam media ini mencakup segala aspek indera
pendengar, penglihat dan peraba. Sehingga kemampuan semua indera dapat
terasah dengan baik karena dipergunakan dengan seimbang dan bersama.
Kelemahan
media audio-visual yaitu keterbatasan biaya serta penerapannya yang
harus mampu mencakup segala aspek indera pendengaran, penglihatan dan
peraba.
Media Visual
a. Kelebihan media visual
1. Repeatable, dapat dibaca
berkali-kali dengan menyimpannya atau mengelipingnya.
2. Analisa lebih tajam, dapat membuat
orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan
dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan
3. Dapat mengatasi keterbatasan
pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik
4. Media visual memungkinkan adanya
interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitarnya
5. Dapat menanamkan konsep yang benar
6. Dapat membangkitkan keinginan dan
minat baru
7. Dapat meningkatkan daya tarik dan
perhatian siswa.
b.
Kekurangan
media visual
1. Lambat dan kurang praktis
2. Tidak adanya audio, media visual
hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar. Sehingga kurang mendetail
materi yang disampaikan
3. Visual yang terbatas, media ini
hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita
4. Biaya produksi cukup mahal karena
media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh
masyarakat.
B.
Media
Audio
a.
Kelebihan
media audio
1.
Harga
murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
2.
Sifatnya
mudah untuk dipindahkan.
3.
Dapat
digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau
diputar kembali.
4.
Dapat
merangsang partisipasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya
imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
b.
Kekurangan
media audio
1.
Memerlukan
suatu pemusatan pengertian pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu,
sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar yang khusus.
2.
Media
audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah
abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
3.
Karena
abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan
perbendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
4.
Media
ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai
kemampuan dalam berpikir abstrak.
5.
Penampilan
melalui ungkapan perasaan atau simbol analog lainnya dalam bentuk suara harus
disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima.
Media
AudioVisual
Kelebihan media audio visual gerak
·
Kelebihan dan kekurangan film
a.
Keuntungan atau manfaat film
1.
Film
dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan suatu keterampilan
tangan dan sebagainya.
2.
Dapat
menimbulkan kesan ruang dan waktu.
3.
Penggambarannya
bersifat 3 dimensional.
4.
Suara
yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi
murni.
5.
Dapat
menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya.
6.
Kalau
film dan video tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang
diperagakan.
7.
Dapat
menggambarkan teori sain dan animasi.
b.
Kekurangan-kekurangan film
1. Film bersuara tidak dapat diselingi
dengan keterangan-keterangan yang diucapkan sewaktu film diputar, penghentian
pemutaran akan mengganggu konsentrasi audien.
2. Audien tidak akan dapat mengikuti
dengan baik kalau film diputar terlalu cepat.
3. Apa yang telah lewat sulit untuk
diulang kecuali memutar kembali secara keseluruhan.
4. Biaya pembuatan dan peralatannya
cukup tinggi dan mahal.
·
Kelebihan dan kekurangan video
a.
Kelebihan video
1. Dapat menarik perhatian untuk
periode-periode yang singkat dari rangsangan lainnya.
2. Dengan alat perekam pita video
sejumlah besar penonton dapat memperoleh informasi dari ahli atau spesialis.
3. Menghemat waktu dan rekaman dapat
diputar berulang-ulang.
4. Keras lemah suara dapat diatur
dan disesuaikan bila akan disisipi komentar yang akan didengar.
5. Guru bisa mengatur dimana dia akan
menghentikan gerakan gambar tersebut jika diperlukan.
b.
Kekurangan video
1.
Perhatian
penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
2.
Sifat
komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian
bentuk umpan balik yang lain.
3.
Kurang
mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
4.
Memerlukan
peralatan yang mahal dan kompleks.
· Kelebihan dan kekurangan film
bingkai
a.
Kelebihan film bingkai
1. Materi pelajaran yang sama dapat disebarkan
secara serentak.
2. Perhatian anak-anak dapat dipusatkan.
3. Dapat dilakukan secara klasikal
maupun individu.
4. Penyimpanannya mudah (praktis).
5. Mudah direvisi atau diperbaiki.
6. Relatif sederhana dan murah.
7. Program dibuat dalam waktu singkat.
b.
Kekurangan film bingkai
1.
Film
bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas mudah hilang jika penyimpanan kurang
baik
2.
Hanya
mampu menyajikan objek-objek secara diam.
3.
Penggunaan
program memerlukan ruangan yang gelap.
4.
Lebih
mahal biayanya.
Media
Realia
a.
Kelebihan
media realia
1. Dapat
menumbuhkan interaksi langsung antara
anak dengan benda nyata
2. Dapat
membantu proses belajar anak menjadi
lebih aktif pada saat mengamati, menangani, dan memanipulasi
3. Media realia dapat menanamkan konsep
dasar yang bersifat abstrak menjadi benar, konkret, dan realistis.
4. Lebih membangkitkan motivasi untuk
belajar
b.
Kekurangan
media realia
1. Ukurannya
ada yang sebagian
bentuknya terlalu besar untuk anak dan terlalu kecil sehingga menyulitkan anak
untuk memahami media tersebut
2. Harga
media realia mahal
3. Pemeliharaan media realia harus
diperhatikan
Multimedia
a.
Kelebihan
multimedia
1.
Sistem pembelajaran lebih
inovatif dan interaktif
2.
Mampu menimbulkan rasa
senang selama dan menambah motivasi belajar siswa.
3.
Mampu menggabungkan
antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu
kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
4.
Mampu menvisualisasikan
materi yang abstrak.
5.
Media penyimpanan yang
relative mudah dan fleksibel.
6.
Dapat menampilkan obyek
yang terlalu besar kedalam kelas
7.
Dapat menampilkan obyek
yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata.
b.
Kekurangan
multimedia
1.
Biaya relative mahal
untuk tahap awal
2.
Kemampuan SDM dalam
penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan
3.
Belum memadainya
perhatian dari pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar